Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Tinjauan Tentang Manajemen Pemasaran

0

Tinjauan Tentang Manajemen Pemasaran

            Menurut Basu Swastha dan Irawan (1998:7) mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai berikut :

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi. Hal ini sangat tergantung pada penawaran organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar tersebut serta menentukan harga,mengadakan komunikasi, dan distribusi yang efektif untuk memberitahu, mendorong serta melayani pasar.

 

            Dari pengertian diatas terlihat bahwa manajemen pemasaran merupakan suatu serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dan yang paling utama adalah mencapai tujuan organisasi. Disamping itu manajemen pemasaran tidak hanya menawarkan barang saja , maupun penetapan harga yang selektif , distribusi untuk pemberian informasi , dan melayani pasarnya namun tugas manajemen pemasaran ialah mengatur permintaan dan memenuhi kebutuhan konsumen khususnya serta mencapai tujuan peusahaan.

2.2. Tinjauan Tentang Pemasaran

            William J. Stanton (1996:6) mendefinisikan pemasaran sebagai berikut :

Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan konsumen saat ini maupun konsumen potensial.

 

            Dengan kata lain pemasaran sangat penting dalam suatu perusahaan. Dalam pemasaran, beberapa faktor yang sangat berpengaruh yaitu produk, harga, kegiatan promosi, dan saluran distribusi.

Menurut Murti Sumarni dan John Soeprihanto (1995:240) pengertian dari keempat variabel tersebut adalah :

 

  1. Produk

Produk adalah suatu sifat komplek baik dapat diraba termasuk bungkus, warna, harga, pretise perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.

 

  1. Harga

Harga adalah jumlah uang ditambah beberapa produk kalau mungkin yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari pelayanannya.

 

  1. Promosi

Promosi adalah bentuk dari informasi , persuasi dan komunikasi. Ketiga unsur tersebut saling berkaitan, sebab untuk mempengaruhi dan merubah perilaku seseorang harus ada informasi yang diberikan, persuasi dan komunikasi akan menjadi efektif melalui bentuk-bentuk komunikasi. Perusahaan memerlukan promosi untuk membantu didalam membedakan produknya, untuk mempengaruhi pembeli dan untuk membawa informasi yang lebih banyak dalm proses keputusan pembelian.

 

  1. Saluran Distribusi

Saluran distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.