Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Tingkat Pengembalian (return)

0

Tingkat Pengembalian (return)

            Variabel return memiliki dua konsep dasar; realized return dan expected return. Realized return adalah return yang telah dilaporkan (ex post) atau return yang telah terjadi atau juga return yang seharusnya terjadi. Kenyataan bahwa realized return ini adalah return yang telah terjadi membuatnya bersifat dapat diukur dengan data-data yang sesuai (Jones, 2004). Expected return di sisi lain adalah return dari sebuah aset yang diestimasikan atau diharapkan akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Karena expected return ini hanyalah merupakan objek dari sebuah pengharapan atau estimasi maka tidak ada kepastian apakah nilai dari return ini akan terjadi atau tidak di masa mendatang nanti. Inilah yang mendasari munculnya resiko investasi (Jones, 2004).

            Kedudukan return sangatlah penting bagi investor. Variabel inilah yang mendorong mereka dalam berinvestasi dan variabel ini pula yang memotivasi mereka sehingga rela menanggung resiko yang muncul dari sebuah aset investasi.

            Mengenai pembentukan dari return sendiri, variabel ini memiliki dua komponen utama yaitu:

  • Yield: komponen ini terbentuk dari arus pembayaran tunai secara periodikal dari investasi yang dapat berupa bunga maupun dividen.
  • Capital gain: komponen ini merupakan selisih dari harga pada saat penjualan aset investasi dengan harga pada saat pembeliannya. Capital gain terjadi jika aset investasi mengalami apresiasi terhadap nilai. Sedangkan capital loss terjadi jika aset investasi mengalami depresiasi terhadap nilainya. Tidak semua jenis aset investasi memiliki komponen ini sebagai salah satu bentuk returnnya. Aset investasi yang memiliki komponen ini sebagai return antara lain adalah saham biasa dan obligasi.

 

Total Return = Yield + Price change

 

Jika kedua komponen ini dijumlahkan maka hasilnya adalah yang secara umum dikenal sebagai Total Return. Secara matematis, pembentukan total returndituliskan sebagai berikut:

 

Dimana:  komponen yield dapat bernilai > 0

                komponen price change dapat bernilai 0, > 0 atau < 0

            Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bentuk dari komponen cash flow (yield) pada model di atas terdiri atas dua bentuk. Untuk instrumen obligasi, komponen ini akan berbentuk bunga (interest) sedangkan untuk instrumen saham, komponen ini akan berbentuk dividen.

            Selain total return, dalam dunia investasi juga dikenal bentuk lain dari nilai return. Salah satu bentuk tersebut adalah yang dikenal dengan Return Relative (RR). Secara definisi, RR adalah total return untuk sebuah investasi selama periode waktu yang telah ditentukan dan berbasis angka 1,0. Untuk itu  model dari RR ini secara sederhana dituliskan sebagai:

RR = TR (dalam bentuk desimal) + 1,0

            Maksud penggunaan basis angka 1,0 untuk nilai dari RR adalah untuk menghilangkan nilai negatif yang mungkin didapat lewat perhitungan TR sehingga ketika dilakukan perhitungan statistik atas return, seperti perhitungan rata-rata return, tidak akan muncul masalah dalam proses perhitungannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.