Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Sumber-sumber efikasi diri

0

Sumbersumber efikasi diri

 

Terdapat empat sumber yang dapat dipelajari   individu untuk menumbuhkan efikasi diri (Bandura, 1997), yakni :

a.   Pencapaian prestasi, merupakan sumber efikasi diri paling besar karena individu

 

dapat  belajar  dari  pengalaman  memperoleh  keberhasilan  dan  kegagalan pada

 

 

 

 

 

masa  lalu.  Pengalaman  memperoleh  keberhasilan  prestasi  dapat  meningkatkan penilaian atas efikasi diri.

b.   Pengalaman orang lain, merupakan sumber efikasi diri yang diperoleh dengan cara belajar dari keberhasilan orang lain, seperti mengamati keberhasilan orang yang ada di sekitarnya, membaca biografi orang sukses maupun melihat tayangan televisi tentang kesuksesan seseorang. Kesuksesan yang diperoleh orang lain akan mendorong individu meningkatkan efikasi dirinya, terutama bila ia merasa mempunyai kekuatan dan potensi yang sama atau lebih.

c.   Persuasi verbal adalah pendekatan sosial secara verbal atau oral yang diarahkan pada  penguatan  dan  peneguhan  atas  kemampuan  yang  dimiliki                                            individu. Penguatan atau peneguhan ini lebih efektif bila dilakukan oleh orang yang memiliki kewibawaan atau orang lain yang berarti (significant other).

d.   Keadaan psikologis, sebagai sumber efikasi diri berkaitan dengan pengalaman pada situasi yang penuh tekanan. Pencapaian prestasi dapat diperoleh bila berada pada pengalaman yang kondusif dan tanpa tekanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.