Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Struktur dan Aspek Konsep Diri

0

Struktur dan Aspek Konsep Diri

 

Secara struktural Pudjijogjanti (1993) berpendapat bahwa konsep diri secara global terdiri dari tiga peringkat, yaitu konsep diri general, konsep diri mayor, dan konsep diri spesifik. Pertama, konsep diri general merupakan cara individu dalam memahami keseluruhan dirinya dan hal ini sulit untuk diubah, karena sudah melekat. Kedua, konsep diri mayor merupakan cara individu memahami konteks sosial, fisik, dan akademis dari dirinya. Ketiga, konsep diri spesifik merupakan cara individu memahami dirinya berkaitan dengan aktivitas dalam berkegiatan sosial, fisik dan akademis.

Song dan Hattie (1982) membagi konsep diri dalam dua bagian yaitu konsep diri akademik dan konsep diri non akademik. Konsep diri non akademik terdiri atas konsep diri sosial dan konsep diri terhadap penampilan individu yang bersangkutan. Pendapat  serupa  dikemukakan  oleh  Medinnus  dan  Johnson  (1976)  yang  juga membagi konsep diri menjadi dua bagian yaitu konsep fisik dan konsep diri perilaku. Agak berbeda dengan pendapat di atas Nashori (2000) lebih luas membagi konsep diri yaitu kedalam enam bagian yaitu konsep diri fisik, konsep diri pribadi, konsep diri sosial, konsep diri moral etis, konsep diri keluarga dan konsep diri akademik.

Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa konsep diri tidak dapat dipisahkan dari konsep diri fisik, konsep diri sosial, dan konsep diri psikologis. Dengan pertimbangan tersebut maka pada penelitian ini peneliti memakai konsep Nashori (2000) karena dinilai lebih kompherensif, mewakili dan mampu menggambarkan konsep diri yang melingkupi subyek dari penelitian ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.