Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Sertifikasi Guru

0

Sertifikasi Guru

            Sertifikasi adalah pengakuan terhadap wewenang yang dimiliki seorang lulusan untuk melaksanakan tugas di suatu profesi di bidang kependidikan. Sertifikasi diberikan oleh LPTK yang berhak yaitu yang memiliki pengakuan oleh lembaga akreditasi nasional[1].

Sertifikat kompetensi diberikan oleh penyelenggara pendidikan dan lembaga pelatihan kepada peserta didik dan warga masyarakat sebagai pengakuan terhadap kompetensi untuk melakukan pekerjaan tertentu setelah lulus uji kompetensi yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi atau lembaga sertifikasi.

            Izin atau sertifikat diperoleh melalui serangkaian tes kompetensi yang  terkait dengan profesi maupun sikap dan perilaku. Organisasi profesi memiliki kontorl yang ketat terhadap anggotanya, bahkan berani memberikan sanksi jika terjadi penyalahgunaan izin. Bagi yang tidak layak lagi menjadi guru seharusnya dikeluarkan dari profesi ini.

Organisasi profesi sebagaimana dinyatakan dalam dalam Undang-Undang Guru dan Dosen berfungsi untuk memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karier, wawasan kependidikan, perlindungan profesi, kesejahteraan, dan pengabdian kepada masyarakat[2].



[1] Depdiknas, OpCit, hlm: 58

[2] UURI No. 14 Th. 2005, OpCit, hlm: 8

Leave A Reply

Your email address will not be published.