Search Engine Optimization ( Optimisasi Mesin Pencari )

Search Engine Optimization ( Optimisasi Mesin Pencari )

Search Engine Optimization ( Optimisasi Mesin Pencari ) yang biasa kita singkat sebagai SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Sebelumnya saya sudah membuat artikel cara menambahkan permalink di wordpress, sekarang saya mau membuat artikel cara menambahkan SEO di Joomla. Supaya link address di Joomla yang defaultnya :

http://www.sample-saja.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=22&Itemid=54

menjadi

http://www.sample-saja.co.id/contoh-produk/produk.html

tentunya dengan alamat tersebut memudahkan Google untuk mengindex web kita.

Di joomla 1.5.x sendiri sudah ada fitur untuk SEO sendiri di menu Administrator -> Site -> Global Configuration.

Silahkan centang seperti gambar diatas. Perlu diingat, web server kita harus sudah mendukung mod_rewrite. Bila Anda pemakai hosting, mayoritas hosting sudah mendukung mod_rewrite.

Lalu ubah nama file htaccess.txt di root folder web Anda menjadi .htaccess bila web server Anda memakai System Operasi Linux hal ini tidak menjadi masalah, tetapi bila di Windows ini akan menjadi masalah karena kita diharuskan memasukkan nama file sebelum extensi file. Untuk mengatasi masalah ini saya menggunakan Plugin Joomla Ext Plorer, bisa Anda download disini.

Sampai disini proses pengaktifan Fitur SEO sudah selesai, namun ada kalanya bila Anda pemakai hosting keluar masalah seperti ini :

Internal Server Error

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.
Please contact the server administrator, you@example.com and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.
More information about this error may be available in the server error log.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan buka file .htaccess, lalu beri tanda comment ( # ) di bagian :

Options +FollowSymLinks menjadi # Options +FollowSymLinks

Jika Anda memakai Virtual Domain, uncomment pada bagian ini :

# RewriteBase / menjadi RewriteBase /

Note:
Bila website yang dimaksud bukan berada di direktori root tetapi berada di dalam folder lagi misal: http://namadomain.com/blog maka RewriteBase-nya juga harus langsung diarahkan ke folder tersebut:

RewriteBase /blog

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *