Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Pengertian Pre stasi Belajar Bahasa Inggris

0

Pengertian Pre stasi Belajar Bahasa Inggris

 

Setiap orang yang terlibat dalam proses pendidikan pasti ingin mengetahui hasilnya.  Oleh karena itu dalam proses pendidikan  dan pengajaran,  pada setiap kurun  waktu  tertentu  dilakukan  evaluasi  hasil  belajar.  Dengan  evaluasi  hasil belajar  ini pendidik  dapat mengetahui  sejauhmana  materi- materi yang diberikan dapat diserap oleh siswa. Demikian juga siswa dapat mengetahui sampai sejauh mana kemampuan dirinya dalam menguasai materi pelajaran yang diterima.  Hasil evaluasi tersebut dinamakan prestasi belajar.

Arikunto  (dalam  Haryu,  2004)  mengemukakan  bahwa  prestasi  belajar adalah   kemampuan   yang   dimiliki   siswa   sebagai   hasil   belajar   dengan   cara melakukan  tes  atau  penilaian.  Penilaian  atau  evaluasi  dalam  dunia  pendidikan sangat  penting  sebab  hal  itu  dapat  memberikan  gambaran  sejauhmana  siswa

 

 

 

 

 

 

 

menguasai  materi  pelajaran  yang telah diajarkan,  di samping  itu penilaian  atau evaluasi dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dan kebijaksanaan.

Masrun   dan   Martaniah   (1973)   menyatakan   bahwa   eva luasi   belajar

 

sebagian besar bersumber pada hasil pengukuran yang berupa data- data kuantitatif sifatnya, yang berasal dari pengukuran. Hasil dari pengukuran tersebut merupakan informasi- informasi  atau data- data yang diwujudkan  dalam  bentuk  angka-angka yang disebut prestasi belajar.

Suryabrata  (1981) menjelaskan  bahwa evaluasi  pendidikan  yang dicapai oleh  siswa  setelah  menjalani  proses  pendidikan  formal  dalam  jangka  waktu tertentu dan hal tersebut berwujud angka. Penilaian tersebut pada umumnya dinyatakan   dalam  bentuk  angka,  huruf  atau  kata.  Angka  yang  merupakan penilaian biasanya dicantumkan dalam daftar nilai berupa rapor, STTB, NEM, dan Indeks  Prestasi.  Hasil  belajar  tersebut  diukur  berdasarkan  pada  alat-alat  yang sengaja  dibuat  untuk  itu dan  penilaiannyapun  berdasarkan  pada kriteria sesuatu pula.

Cronbach  (1963)  menjelaskan  beberapa  fungsi  pengukuran  prestasi  belajar adalah:

1.   Sebagai    alat     untuk    menumbuhkan   motivasi    dalam    belajar    dan menyadarkan  siswa terhadap tingkat kemampuannya,  serta sebagai dasar untuk memberikan penghargaan kepada siswa-siswa tersebut.

2.   Sebagai masukan terhadap siswa sehingga mengetahui seberapa jauh siswa memahami apa yang telah dipelajari

 

 

 

 

 

 

 

3.   Sebagai masukan terhadap guru sehingga mengetahui apakah guru tersebut berhasil memberikan atau mengajarkan bahan pelajaran

4.   Sebagai  bahan  informasi  untuk  melakukan  pemilihan  terhadap  jurusan

 

yang sesuai dengan kemampuannya.

 

5.   Sebagai  bahan  informasi  terhadap  sekolah  untuk  mengadakan  program- program yang meningkatkan kualitas pendidikan sekolah.

Dari be berapa pendapat di atas dapat disimpulkan  bahwa prestasi belajar

 

Bahasa Inggris adalah hasil yang dicapai oleh siswa dalam usaha belajarnya pada mata  pelajaran  Bahasa  Inggris  di  sekolah  dalam  jangka  waktu  tertentu.  Hasil tersebut   merupakan   data   atau   informasi   berupa   angka/huruf   sebagaimana dinyatakan dalam nilai rapornya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.