Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Pengertian efikasi diri

0

Pengertian efikasi diri

 

Keberhasilan     atau    kegagalan    individu    dalam    mencapai    tujuan    atau melaksanakan tugas  dipengaruhi oleh keyakinan atas efikasi dirinya. Efikasi diri merupakan  evaluasi  individu  atas  kemampuan  yang  dimilikinya  guna  mencapai tujuan, melaksanakan tugas atau mengatasi hambatan (Baron dan Byrne, 1997). Sedangkan  efikasi  diri  didefinisikan  oleh  Brehm   dan   Kassin   (1990)   sebagai keyakinan  individu  atas  kemampuannya              untuk  menghasilkan  outcome   yang dikehendaki dalam situasi tertentu. Bandura (1986) menjelaskan bahwa efikasi diri adalah    evaluasi            individu               tentang              kemampuan dalam mengorganisir                dan melaksanakan tindakan guna mencapai performance tertentu.

Bandura (1986) lebih lanjut mengemukakan bahwa perilaku individu dapat diprediksikan berdasar keyakinan individu atas kemampuan yang dimilikinya. Berdasar keyakinan tersebut individu dapat memanfaatkan secara optimal setiap pengetahuan dan   ketrampilan untuk   melaksanakan tugas dan mencapai tujuannya. Keyakinan yang kuat atas kemampuan diri akan menentukan kegigihan, ketekunan dan keuletan  dalam melaksanakan tugas atau mencapai tujuan (Bandura dan Schunk,

1981). Dengan kata lain, efikasi diri adalah hasil evaluasi individu atas kemampuan

 

 

 

 

 

dan potensi  diri yang akan menjadi dasar perilakunya untuk menghadapi tugas-tugas di waktu kemudian.

Bandura (1997) mengungkapkan bahwa efikasi diri merupakan hasil proses kognitif sosial yang berwujud keyakinan dan pengharapan serta keputusan pada kemampuannya dalam    bertindak         guna                                memperoleh             hasil    yang                maksimal. Pengharapan kognitif menurut Bandura dapat diklasifikasikan menjadi dua golongan, yaitu pengharapan hasil dan pengharapan efikasi. Pengharapan hasil adalah prediksi individu akan hasil yang diperoleh berdasarkan perilaku yang dikerjakannya, sedangkan pengharapan efikasi merupakan keyakinan diri individu pada kemampuan dan tindakan guna mencapai keberhasilan.

Ind ividu dengan efikasi diri tinggi akan mempunyai mempunyai  semangat dan ketekunan yang lebih kuat                                         dalam mengatasi masalah, serta mampu memobilisasi energi yang lebih besar dalam menghadapi tantangan.   Sebaliknya, individu dengan efikasi diri rendah mudah menyerah dan putus asa bila menghadapi kesulitan dan permasalahan (Bandura, 1997).

Dalam penelitian ini, efikasi diri dirumuskan sebagai keyakinan dan evaluasi diri dari individu atas segala kemampuannya untuk keberhasilan dalam berbicara di muka umum

Leave A Reply

Your email address will not be published.