Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

pengertian belajar sebagai proses perubahan

0

Belajar tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sejak manusia dilahirkan, sejak itu pula proses belajar dimulai dan berlangsung  terus- menerus. Belajar             mengandung        pengertian                bertumbuh       dan               berkembang,           dengan pertumbuhan  itu  manusia  dapat  mengadakan  penyesuian- penyesuaian  terhadap lingkungannya  dan perkembangan  dapat menjawab  tantangan dan permasalahan hidup yang muncul (Soemanto, 1983).

Masrun  & Martaniah  (1973)  mengemukakan  pengertian  belajar  sebagai proses  perubahan  baik  lahir  maupun  batin.  Perubahan  tersebut  bersifat  positif, yaitu perubahan menuju ke arah perbaikan. Perbuata n belajar ditandai oleh adanya perubahan- perubahan secara relatif    permanen                                      yang       disebabkan                oleh pengalaman/latihan.

Menurut  Suryabrata    (1998)  pengertian  belajar  adalah  (a)  belajar  itu membawa perubahan (dalam arti perubahan tingkah laku, baik aktual maupun potensial), (b) perubahan itu pada pokoknya didapatkan kecakapan baru, (c) perubahan itu terjadi karena usaha (dengan sengaja).

Thorndike (dalam Slavin, 1986) menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses  trial and error.  Ada  tiga  hukum  yang  perlu  diperhatikan  dalam proses belajar,   yaitu   hukum   dirinya   sudah   terdapat   kesiapan   (readiness)   untuk mempelajari sesuatu, hukum latihan dan hukum efek.

 

Pavlov (dalam Slavin, 1986) mengemukakan suatu teori mengenai belajar, yaitu  teori  belajar  classical  conditioning .  Dalam  pembagian  aliran  psikologi, Pavlov       termasuk           dalam   aliran               behavioristik.          Aliran   ini                     mengutamakan perilaku/perubahan tingkah laku organisme melalui hubungan stimulus respon (S- R). Dengan demikian belajar hendaklah mengkondisikan suatu stimulus, sehingga menimbulkan respon. Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku yang terus menerus yang timbul akibat dari pensyaratan kondisi. Sifatnya adalah membentuk hubungan antara stimulus dengan respon. Hal ini berarti belajar dengan tingkah laku tidak bisa dipisahkan.

Menurut  Winkel  (1996)  belajar  mencakup:  (1)  proses  perubahan  dari

 

belum  mampu  ke  arah  sudah  mampu,  (2)  proses  perubahan  itu  terjadi  dalam jangka  waktu  tertentu,  (3)  perubahan  akibat  belajar  itu  akan  bertahan  lama, bahkan,  sampai  taraf  tertentu,  tidak  menghilang  lagi,  (4)  belajar  merupakan kegiatan mental yang tidak dapat disaksikan dari luar, (5) belajar terjadi dalam interaksi dengan lingkungan. Berdasar kelima hal tersebut, Winkel menarik kesimpulan bahwa belajar adalah suatu aktivitas mental/psikis, yang berlangsung dalam   interaksi   aktif   dengan   lingkungan,   yang   menghasilkan    perubahan- perubahan         dalam   pengetahuan-pemahaman,             keterampilan                       dan                  nilai-sikap. Perubahan itu bersifat secara relatif konstan dan menetap.

Lebih  jauh  dikatakan  oleh  Winkel  (1996)  bahwa  perubahan-perubahan

 

yang   dimaksud   tidak   termasuk:   (1)   perubahan   akibat   kelelahan   fisik,   (2) perubahan   akibat   menggunakan   obat- obatan,   (3)  perubahan   akibat   penyakit parah/trauma fisik, dan (4) perubahan akibat pertumbuhan jasmani.

 

 

 

 

 

 

 

Pandangan  Cronbach  (1963)  mengenai  belajar  lebih  ditujukan  dengan adanya perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman: pengalaman menghasilkan proses belajar, dan proses belajar menghasilkan perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku mencakup:

1.   Sifat perubahan tingkah laku lebih permanen

 

2.   Perubahan tingkah laku bukan oleh karena kematangan contoh: anak yang tadi tidak bisa berjalan, dapat berjalan

3.   Ada usaha dari individu yang melakukan aktivitas belajar

 

Pengertian belajar yang berhubungan dengan bidang pendidikan dan pengajaran secara khusus merupakan usaha yang dilakukan secara sengaja baik fisik  maupun  mental  untuk  menguasai  materi  pelajaran  yang  diajarkan  dalam beberapa waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dari   beberapa   pengertian   di   atas   maka   dapat   disimpulkan   bahwa pengertian belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku baik aktual maupun potensial,   baik   lahir   maupun   batin   yang   relatif   bersifat   permanen,   sebagai interaksi antara dirinya dengan lingkungannya dan dilakukan dengan sengaja, dan perubahan   yang  terjadi  menuju  ke  arah  perbaikan.   Perubahan   tingkah  laku tersebut   terjadi   karena   pengalaman   dan   latihan- latihan   yang   dapat   berupa pengetahuan, kecakapan, keterampilan, pemahaman, sikap dan kebiasaan, yang sebelumnya tidak ada dalam diri individu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.