NASIB BAHASA ARAB DI SMA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

NASIB BAHASA ARAB DI SMA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Perbincangan mengenai kurikulum 2013 tak pernah ada surutnya. Bahkan semakin hangat dibicarakan. Khususnya nasib bahasa Arab di sekolah-sekolah umum seperti SMA-SMK pada implementasi kurikulum 2013. Terkait dengan diberlakukannya kurikulum 2013 secara bertahap dan akan menjadi kurikulum nasional seluruhnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :

  1. Bahasa Arab tidak termasuk mata pelajaran wajib. Bahasa Arab hanya sebatas masuk pada kategori Peminatan bahasa Asing khusus program Bahasa dan Lintas Minat. Sehingga jam mengajar tidak mencukupi batas minimal 24 jam per minggu. Karena sebagian besar sekolah memberi ruang program sains dan social lebih banyak dari pada jurusan bahasa. Bahkan, ironisnya ada beberapa sekolah yang tidak menyediakan kelas program bahasa.
  2. Tidak semua sekolah atau Kepala Sekolah yang mempunyai wewenang tertinggi di sekolah, memberikan kebijakan yang mengakomodir bahasa Arab untuk dijadikan bahasa Asing peminatan, mereka lebih memilih bahasa Asing lain seperti bahasa Jepang, bahasa Mandarin, Bahasa Korea atau yang lainnya meskipun harus memanggil guru honorer lain dan tidak memaksimalkan guru yang bersertifikasi bahasa Arab. Dan mereka menganggap sekolah umum lebih cocok dan cenderung memilih bahasa Asing lain dari pada bahasa Arab, karena bahasa Arab lebih cocok diajarkan di sekolah Aliyah atau keagamaan. Anggapan yang kurang tepat.
  3. Tidak semua guru bahasa Arab punya power untuk mempertahankan eksistensi bahasa Arab di sekolah tempat mengajarnya. Dengan demikian, merekea terpaksa mengajar mata pelajaran lain agar selamat untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi.
  4. Bahasa Arab tidak ada tempat lain selain Peminatan dan Lintas Minat yang kurang peminatnya. Lintas minat habis oleh mata pelajaran lain.

Dengan kurang lebih 4 permasalahan di atas, kami mewakili rekan-rekan pengampu mata pelajaran bahasa Arab memohon kepada siapapun pemerhati sekaligus pemangku kebijakan supaya ikut peduli dengan memberikan masukan kepada pemerintah untuk mencarikan solusi terbaik demi eksistensi bahasa Arab khususnya di sekolah umum yang semakin terjepit dan nyaris tidak ada ruang sehingga lambat laun semakin terpinggirkan di bumi Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Berikut link Buku Bahasa Arab SMA klik disni

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *