Konvergensli Titik Temu Karakter (Convergence of Character)

Konvergensli Titik Temu Karakter (Convergence of Character)

Konvergensli Titik Temu Karakter (Convergence of Character)

 

MR H.C. Watson berfikir bahwa saya telah menilai terlalu tinggi pentingnya divergensi karakter (yang sebetiulny dia yakini juga), dan bahwa titik konvergensi sebagaimana hal Itu dinamakannya,juga memegang peranan. Jika dua spesies yang termasuk anggota dan genera sekalipun berbeda tetapi bertalian, telah menghasilkan sejumlah besar bentuk baru yang berbeda, dapat dibayangkan bahwa bentuk-bentuk ini mungkin sangat mirip satu sama lain, sehingga harus dikelaskan dalam satu genus yang sama; jadi dengan demikian keturunan dan genera yang berbeda akan bertemu menjadi satu . Tetapi dalam beberapa kasus akan terlalu gegabah untuk mengganggap penyatuan itu sebagai penyebab adanya struktur yang meimliki kesamaan yang erat dan umum yang terdapat pada keturunan yang beruhah bentuk dan telah berbeda banyak. Bentuk sebuah kristal ditentukan semata-mata oleh daya molekul, dan tidak mengherankan bahwa substansi-substansi yang tidak sama terkadang harus menerima bentuk yang sama. Tetapi terhadap makhluk hidup kita harus ingat bahwa tiap bentuk bergantung kepada sejumlah besar kaitan yang rumit yaitu pada perubahan – perubahan yang telah muncul. Hal-hal ini terjadi karena sebab-sebab yang terlalu rumit untuk diikuti sepenuhnya — pada perbedaan-perbedaan sifat yang telah bertahan atau diseleksi, dan tergantung pada kepada kondisi-kondisi fisik sekitarya; di tingkat yang lebih tinggi bergantung pada organisme di sekitamya, dengannya tiap makhluk harus bersaing dan terakhir pada pewarisan (yang sendiri adalah unsur yang berfluktuasi) dan pemangsa yang tak terhitung banyaknya, yang semuanya telah ditetapkan bentuknya melalui hubungan- hubungan yang sama rumitnya.

Sangat tidak masuk akal bahwa keturunan dari dua organisme, yang pada mulanya begitu jelas perbedaannya, belakangan akan mencapai titik temu yang begitu dekat, sehingga mengakibatkan begitu erat identitasnya dalam seluruh organisasi. Kalau ini yang terjadi, kita akan menemui bentuk yang sama, yang bebas dari pertalian genetik muncul kembali dalam formasi geologi yang luas dan terpisah; dan bukti-bukti yang berimbang menentang klain pengakuan semacam itu.

Mr. Watson Juga menolak bahwa berlangsungnya seleksi alam yang terus menerus bersamaan dengan divergensi karakter cenderung untuk membuat sejumlah bentuk spesiflk yang tak terbatas. Sejauh hanya mengenai kondisi kondisi anorganik saja, tampaknya mungkin saja, bahwa sejumlah spesies yang cukup akan segera beradaptasi pada segala perbedaan yang signifikan seperti panas, kelembaban dan lain-lain; tetapi saya mengakui bahwa hubungan timbale balik makhluk hidup adalah Iebih penting, dan karena jumlah species di tiap daerah terus meningkat, kondisi organik kehidupan menjadi semakin rumit.

Oleh sebab itu, dalam sekilas pandang, rupanya tak ada batas bagi jumlah divenifikasi yang menguntungkan struktur, dan karena itu tak ada batas bagi jumlah spesies yang mungkin dihasilkan, Kita tidak tahu bahwa area yang paling subur dipenuhi dengan bentuk-bentuk spesifik : di Tanjung Harapan dan di Australia, yang menghidupi spesies dalam jumlah yang mengherankan, banyak tumbub-tumbuhan Eropa yang telah bernaturalisasi di sana. Tetapi geologi menunjukkan kepada kita , bahwa di awal periode tersier jumlah spesies kerang dan juga pada bagian pertengahan periode itu , jumlah mamalia, tidak banyak atau sama sekali tidak bertambah. Jadi apakah gerangan yang mencegah peningkatan yang tak terbatas pada jumlah spesies?

Jumlah kehidupan (maksud saya bukan jumlah bentuk spesifik) yang hidup di sebuah area mesti ada batasnya, sebab keadaannya sangat bergantung pada kondisi-kondisi fisik: oleh karena itu jika di suatu area hidup spesies yang banyak sekali, tiap atau hampir tiap spesies akan terlihat diwakili oleh individu individunya; dan spesies-spesies semacam itu demikian besar kemungkinannya untuk punah karena sifat musim yang berfluktuasi secara kebetulan, atau karena jumlah musuh-musuhnya.

Proses kepunahan dalam kasus demikian akan berlangsung sangat cepat, sedangkan produksi spesies baru selalu harus lamban. Bayangkan kasus ekstrim tentang banyaknya spesies adalah sebanyak penduduk Inggris, dan musim dingin pertama yang sangat hebat atau musim panas yang sangat kering akan memusnahkan ribuan spesies ku Dan setiap spesies akan menjadi langka jika jumlah spesles di suatu daerah bertambah tak terbatas, menurut prinsip yang sering dijelaskan, yang dalam periode tertentu akan memberikan kepada beberapa varietas perubahan yang menguntungkan, dan karena itu proses melahirkan sebentuk spesifik baru akan diperlamban. Jika suatu spesies menjadi Iangka, kawin silang dengan jenis yang serumpun mamalia akan mendorong kepunahannya banyak penulis buku mengira bahwa hal inilah yang merupakan penyebab kemunduran Aurocli di Lithuania, Rusa Merah di Skotlandia atau Beruang di Norwegia dan lain lain.

Terakhir, dan dalam soal ini saya cenderung berpendapat: inilah unsur yang paling penting, bahwa spesies dominan, yang telah mengalahkan banyak pesaing di kandangnya sendiri, cenderung untuk menyebar luas dan menggantikan banyak spesies lainnya. AIph Dc Candolle telah menunjukkan bahwa spesies spesies yang telah menyebar luas, cenderung untuk terus makin menyebar, sehingga mereka akan menggantikan dan menggusur habis beberapa spesies di beberapa daerah dan menghentikan penambahan jumlah bentuk-benwk khusus yang banyak sekali di seluruh dunia .

Dr. Hooker baru-baru ini telah menunjukkan bahwa di sudut sebelah tenggara Australia, yang jelas mendapat banyak penyerbu dan kawasan – kawasan lain dan seluruh dunia , jumlah spesies asli Australia telah sangat banyak berkurang benar tidaknya pertimbangan dia ini, saya tak akan mengomentarinya, tetapi dengan kerja sama di tiap daerah mereka harus mcmbatasi kecenderungan untuk menambah bentuk-bentuk khusus secara tak terbatas.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *