Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Konsep diri mahasiswa sebagai kelompok remaja

0

Konsep diri mahasiswa sebagai kelompok remaja

 

Cooley (dalam Rakhmat, 1985) menyebut konsep diri sebagai  looking glass self, artinya individu pada saat bersamaan menjadi subyek dan obyek persepsi sekaligus. Pernyataan Cooley menegaskan bahwa konsep diri                                                                                      bukan sesuatu yang bersifat genetis, tetapi hasil ciptaan sosial. Grinder (1978) mengungkapkan konsep diri       berkembang  sejalan  dengan  bertambahnya  umur  dan  pengalaman  individu selama berinteraksi dengan lingkungan.

Hurlock (1999) menyatakan konsep diri merupakan harapan dan citi-cita yang

 

ingin dicapai individu dan usaha untuk mewujudkannya baik secara fisik maupun psikologis.

 

 

 

 

 

Rakhmat  (1985)  mengemukakan  konsep  diri      pada  masa  remaja  banyak mengalami perubahan baik bentuk,  sifat maupun strukturnya. Perubahan ini menurut Grinder (1978) adalah upaya remaja untuk mematangkan konsep diri yang telah terbentuk   pada   masa   pra   remaja.   Hasil   penelitian   Montemayor   dan   Eissen (Rosenberg dan Caplan, 1982) menunjukan bahwa pada usia remaja konsep diri bergeser dari yang bersifat konkrit menjadi lebih abstrak dan obyektif.

Usia remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Ia secara fisik sudah mencapai pada perkembangan orang dewasa, tetapi kematangan psikologisnya belum stabil.

Mahasiswa  pada  tingkat  strata  satu  kebanyakan  pada  usia  remaja  akhir,

 

sehingga konsep diri yang dimilikinya masih dalam proses pembentukan, atau dalam usaha mencari “jati diri”/ konsep diri. Jika remaja mampu menerima keadaan dari perubahan fisik yang dialaminya, maka pemahaman atas konsep dirinya menjadi positif. Sebaliknya, jika remaja tidak dapat menerima perkembangan fisik yang dimilikinya, maka akan merasa dirinya mengalami kekuranga n dan berakibat pada interaksi sosial dengan lingkungan menjadi renggang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.