Kompensasi dan Ekonomi Pertumbuhan

Kompensasi dan Ekonomi Pertumbuhan

 

Geoffroy tua dan Goethe pada waktu yang hampir bersamaan mengemukakan hukum mereka tentang kompensasi dan perimbangan pertumbuhan (compensation and balancement of growth); atau seperti yang dinyatakan Goethe, “supaya dapat memberikan pada satu gisi, alam terpaksa menghemat pada sisi lain.” Menurut saya, hal ini ada benarnya sampai batas tertentu pada produksi-produksi domestik kita: jika makanan mengalir ke satu bagian atau organ tubuh secara berlebihan, ia jarang mengalir, kalau mengalir pun tidak secara berlebihan, ke bagian lain. Jadi, sukar sekali untuk membuat seekor sapi menghasilkan banyak susu sekaligus cepat menjadi gemuk. Varietas-varietas kubis yang sama tidak bakal dapat memberikan daun yang banyak dan bergizi sekaligus biji-bijian yang mengandung minyak. Jika biji-biji dalam buah-buahan kita berhenti tumbuh atau hilang, buah itu sendiri menjadi bertambah besar dan lebih bermutu. Pada unggas, sejumput tebal bulu pada kepala umumnya disertai jengger yang semakin berkurang; atau jenggot yang lebat disertai jengger bawah yang menipis.

Namun, terhadap spesies di alam bebas, hampir tak dapat dipertahankan, bahwa hukum itu dapat diterapkan secara universal, meskipun banyak pengamat. Terutama para botanis berkeyakinan bahwa hukum itu benar adanya. Tetapi di sini saya tak mau memberikan contoh-contoh, sebab saya hampir tak dapat menemukan jalan untuk membedakan dampak-dampaknya: bahwa di satu pihak ada bagian yang berkembang secara berlebihan melalui seleksi alam, dan bagian lain yang bersebelahan dengannya dikurangi dengan proses yang sama atau karena ketidakgunaan; sementara di pihak lain, penyedotan makanan yang banyak oleh satu bagian yang menyebabkan bagian lain dan bersebelahan dengannya ikut tumbuh secara berlebihan.

Saya juga curiga, bahwa beberapa kasus kompensasi yang telah maju, dan juga beberapa fakta lain, mungkin berkombinasi di bawah prinsip yang lebih umum, yakni bahwa seleksi alam terus-menerus berusaha untuk meng-ekonomiskan setiap bagian organisasi. Jika karena kondisi kehidupan yang berubah, suatu struktur organ yang tadinya berguna sekarang menjadi kurang atau tidak berguna, penyusutannya itu akan didukung oleh seleksi alam, sebab hal ini akan menguntungkan individu tersebut untuk tidak menghamburkan makanan hanya karena membangun sebuah struktur yang tak berguna.

Belum lama ini, baru saya dapat memahami suatu fakta yang sangat mengejutkan, ketika saya menyelidiki seekor Cirripedes (sejenis udang), yang darinya dapat diambil banyak bagian-bagian analog: yakni bahwa jika seekor Cirripedes menjadi parasit dalam Cirripedes lain dan dengan demikian terlindungi, dia sedikit banyak kehilangan tempurung kulitnya (carapace). Inilah kasus Ibla jantan, dan dengan cara yang luar biasa kasus Proteolepas sebab carapace pada semua Cirripedes lainnya terdiri dari tiga bagian kepala yang sangat penting yang berkembang menjadi sangat besar, dilengkapi dengan syaraf-syaraf tajam dan otot-otot yang besar. Tetapi pada Proteolepas yang terlindungi dan hidup sebagai parasit, seluruh bagian depan kepala berkurang sampai hanya yang rudimenter saja, yang dilekatkan pada dasar penopangnya. Jadi penyelamatan sebuah struktur yang besar dan rumit cenderung berlebihan, mungkin akan menjadi keuntungan bagi setiap spesies itu berikutnya, sebab dalam perjuangan yang dihadapi oleh binatang, masing-masing akan mendapat kesempatan yang lebih baik dan mendukung dirinya sendiri, dengan mengurangi pemborosan makanan.

Jadi, sebagai mana saya yakini. seleksi alam dalam jangka panjang cenderung akan mengurangi setiap bagian organisasi, begitu dia karena perubahan kebiasaan, menjadi tidak berguna, dan sama kali tanpa menyebabkan beberapa bagian lainnya berkembang secara berlebihan di luar proporsi. Sebab seleksi alam mungkin saja secara sempuma berhasil dalam mengembangkan sebagian atau suatu organ tanpa perlu mengurangi bagian yang bersebelahan dengan organ tersebut sebagai kompensasi yang diperlukan.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *