Joomla SEO

Joomla SEO

SEO alias Search Engine Optimization merupakan cara ampuh agar web kita “mudah dibaca” oleh search engine. Beberapa web owner bahkan tidak segan-segan menyewa profesional di bidang per-SEO-an, dengan harapan web mereka gampang dibaca oleh search engine. Para pengguna Joomla! 1.5 patut bergembira karena pada versi ini, SEO yang disertakan sudah lebih baik. Ada tiga macam teknik untuk SEO di Joomla!, yaitu Search Engine Friendly (SEF) URLs, menggunakan mod_rewrite (khusus Apache), dan menggunakan suffix. Bila ingin menerapkan SEO, minimal yang dipilih adalah opsi SEF. Bila ingin menggunakan mod_rewrite, SEF harus terpilih. Akan lebih lengkap lagi kalau memilih opsi suffix. Dengan suffix, akhiran URL akan menjadi html. Kombinasi yang direkomendasikan adalah:

  • SEF
  • SEF + suffix
  • SEF + mod_rewrite
  • SEF + mod_rewrite + suffix

Perbedaan kombinasi-kombinasi tersebut adalah pada URL yang dihasilkan. Bila tidak menggunakan SEO, url yang dihasilkan adalah sebagai berikut:

http://localhost/joomla15/index.php?option=com_content&view=article&id=19&Itemid=27

Untuk pilihan SEF, ciri-cirinya seperti di bawah ini:

http://localhost/joomla15/index.php/joomla-overview

URL sudah terlihat lebih mudah terbaca dibandingkan dengan url yang tanpa SEF. Perhatikan masih ada “index.php” di url. Apabila kita tambahkan opsi suffix, maka di akhir url akan ditambahkan ekstensi html seperti yang terlihat di bawah ini:

http://localhost/joomla15/index.php/joomla-overview.html

Bandingkan apabila kita gunakan Apache mod_rewrite, hasilnya adalah sebagai berikut:

http://localhost/joomla15/joomla-overview

Bila menggunakan mod_rewrite, penulisan url lebih rapi tanpa ada “index.php“. Ekstensi html bisa ditambahkan dengan memilih opsi suffix. Hasilnya adalah sebagai berikut:

http://localhost/joomla15/joomla-overview.html

Implementasi SEO di Joomla! 1.5

Implementasi SEO di Joomla! amat sangat gampang.

  1. Login ke back-end Joomla! sebagai super administrator.
  2. Pilih menu Site > Global Configuration.
  3. Pada Global Configuration terdapat tiga bagian yaitu Site, System dan Server. Pada bagian Site lihat pilihan SEO Settings. Pilih sesuai dengan kebutuhan.
  4. Tekan tombol Save atau Apply.
sumber : http://danigunawan.com

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *