Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Isi efikasi diri

0

Isi efikasi diri

 

Bandura    (1997)    menyatakan    bahwa    efikasi    diri    merupakan    penilaian kemampuan individu untuk melaksanakan tugas, dan mencapai aspirasinya. West dan Wicklund (1980) menyebutkan kemampuan ini menyangkut kapasitas kognitif dan ability dalam usaha memecahkan masalah dan mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkannya.

 

 

 

 

 

Efikasi diri menyangkut pula daya tahan mental individu dalam menghadapi stres.  Hasil  penelitian Warnecke,                                          dkk. (2001) disimpulkan bahwa siswa dengan efikasi diri tinggi memiliki tingkat stres yang rendah sewaktu mereka diganggu oleh pihak lain, bila dibandingkan dengan siswa yang memiliki efikasi diri rendah.

Individu  yang  memiliki  efikasi  diri  tinggi  berkecenderungan  untuk  lebih

 

berperilaku prososial  dan loyalitas yang tinggi pula terhadap organisasi. Penelitian Yeongkoo (2001) menemukan bahwa karyawan dengan efikasi diri tinggi lebih berperilaku  prososial  terhadap  teman  sekerja  dan  loyalitas  yang  tinggi  terhadap tempat kerja.

Efikasi  diri  berkaitan  juga  dengan  kepuasan  kerja  dan  komitmen  pada

 

organisasi tempat bekerja. Penelitian Bonnie dan Mark (1998)menunjukan bahwa in dividu dengan efika diri tinggi memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi dan komitmen terhadap organisasi yang tinggi pula. Dengan kepuasan kerja yang tinggi semakin  mendorong  individu  untuk  bekerja  lebih  produktif,  sedangkan  komitmen pada  organisasi  mendorong  individu  untuk  dapat  bekerja  secara  kreatif                                                                                                                                    dan bertangggung jawab.

Kohn dan Schooler (1973 dalam Yeongkoo 2001) berpendapa t bahawa efikasi diri  merupakan  bagian  dari  harga  diri  (self-esteem),  karena  orang  yang  merasa memiliki  kemampuan     akan  memiliki  pula  harga  diri  yang  tinggi.  Salah  satu pernyataan yang dibuat Kohn dan Schooler adalah :” saya bangga dengan ketrampilan dan kemampuan bekerja yang saya miliki”.

 

 

 

 

 

Grabowski, dkk. (2001) mendefinisikan efikasi diri tidak hanya pada aspek psikologis, tetapi memasukan pula aspek ekonomi. Grabowski meneliti para siswa dengan melihat kemampuan ekonomi dari orang tua siswa. Para siswa  yang orang tuanya lebih mampu memiliki keyakinan diri dan keinginan untuk dapat melanjutkan sekolah pada jenjang yang lebih tinggi, bila dibandingkan dengan siswa yang orang tuanya berada pada ekonomi yang lebih tidak mampu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.