Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Indeks Prestasi Kumulatif dan Kaitannnya dalam Mendapatkan Pekerjaan

0

Indeks Prestasi Kumulatif dan Kaitannnya dalam Mendapatkan Pekerjaan

Indeks Prestasi menurut pedoman akademik UNP (2001:45) adalah “nilai mutu rata-rata yang diperoleh mahasiswa dalam jangka waktu tertentu” dimana penetapan nilai akhir pada UNP memakai standar Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Acuan Normal (PAN). PAP digunakan bila proses belajar mengajar menuntut penguasaan yang akurat dan matang untuk mencapai kemahiran dalam kegiatan psikomotorik, sedangkan PAN dipakai bila distribusi nilai cukup rendah dari populasi yang cukup besar. Nilai lengkap akhir semester suatu mata kuliah dinyatakan dengan nilai mutu yaitu A, B, C, D, dan E dimana dalam angka mutu adalah 4,3,2,1,dan 0. Dan nilai mutu ini digunakan nilai angka dan 0 sampai 100%.

Sedangkan menurut Slameto (1990:199) Indeks Prestasi adalah nilai kredit rata-rata yang merupakan satuan nilai akhir yang menggambarkan mutu penyelesaian suatu program belajar. IP dicari dengan mempertimbangkan biji nilai akhir mahasiswa dan besarnya harga SKS yang diperoleh untuk matakuliah-matakuliah yang dimaksud.

IP dihitung baik pada akhir program semester dengan hasilnya yang disebut IP semester, maupun pada akhir program pendidikan lengkap satu jenjang dengan hasilnya yang disebut IP lengkap atau IP kumulatif. Selain itu mahasiswa juga diperkenankan meminta IP untuk seluruh mata kuliah yang pernah diambilnya sampai waktu tertentu, meskipun ia belum menyelesaikan programnya. Untuk ini yang memperhitungkan ialah nilai kredit semester untuk matakuliah-matakuliah yang telah dia tempuh sampai dengan semester terakhir yang sudah ia selesaikan.

Berdasarkan hasil survei, kriteria awal yang paling diutamakan oleh pihak perusahaan setelah menerima surat lamaran dari lulusan S1 Fresh Graduate adalah nilai Indeks Prestasi Kumulatif yang tinggi. Indeks Prestasi Kumulatif dipandang sebagai ukuran keberhasilan seorang lulusan dalam menyelesaikan kuliahnya. Temuan ini menjelaskan bahwa memiliki Indeks Prestasi yang tinggi merupakan modal awal bagi lulusan S1 Fresh Graduate dalam membuka peluang masuk ke dunia kerja. Oleh karena itu, para mahasiswa sebaiknya tidak melupakan tugas utamanya selama berada di bangku kuliah yaitu memperoleh nilai akademik yang tinggi agar mudah memperoleh pekerjaan yang diharapkan terutama pekerjaan tetap.

Hasil survey diatas mengelompokkan faktor-faktor awal yang dipertimbangkan perusahaan ketika akan merekrut lulusan Fresh Graduate S1 (berdasarkan rangking) adalah sebagai berikut:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif
  2. Kemampuan bahasa inggris
  3. Kesesuaian program studi dengan posisi kerja
  4. Nama besar perguruan tinggi
  5. Pengalaman kerja/magang
  6. Kemampuan aplikasi komputer
  7. Pengalaman organisasi
  8. Ada rekomendasi dari pihak tertentu

Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Indeks Prestasi Kumulatif sangat berperan besar untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Tentunya pekerjaan yang diharapkan oleh lulusan adalah pekerjaan tetap karena pada umumnya pandangan masyarakat mengenai pekerjaan tetap adalah kemungkinan masa depan lebih terjamin dengan memiliki status pekerja tetap.

Leave A Reply

Your email address will not be published.