Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Hubungan Pemasaran Eceran dan Penjualan

0

Hubungan Pemasaran Eceran dan Penjualan

Setiap perusahaan mengharapkan setiap produk yang dihasilkan akan cepat sampai ke tangan konsumen dengan baik dan tepat pada waktunya. Perusahaan dalam memasarkan produknya selalu berusaha untuk mendapat pangsa pasar yang tepat. Hal ini dikarenakan pemasaran dapat dijadikan sarana untuk menjual, menyalurkan produk ke konsumen akhir. Dalam memasarkan produknya supaya produk tersebut dapat dikenal dan diminati oleh konsumen perusahaan perlu memperhatikan program pasar eceran yang terdiri dari bauran eceran antara lain :

1. Location (lokasi)

2. Merchandising(barang dagangan)

3. Margin and Inventory (laba dan persediaan barang)

4. Promotion (promosi)

5. Services (pelayanan)

6. Vendor Relations (hubungan dengan produsen)

Menggunakan alat-alat bauran pemasaran eceran tersebut akan dapat terlaksana dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal maka diperlu adanya strategi khusus dalam mengkombinasikan variabel yang ada. Oleh karena itu perusahaan harus mampu memilih variabel yang paling cocok dengan kemampuan serta kondisi perusahaan baik internal maupun eksternal, sehingga kegiatan itu dapat berjalan secara efektif dan efisien dan pelaksanaan penjualan.

Di sini jelas bahwa hubungan pemasan eceran sangat erat kaitannya dalam pemasaran produk ke konsumen akhir yang berpengaruh pada tingkat penjualan. Demikian pula dengan terjadinya peningkatkan volume penjualan maka dapat dijadikan sebagai ukuran bagi perusahaan apakah produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut laku di pasar dengan pemasaran eceran. Semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli dan memakai produk yang dikeluarkan perusahaan, maka margin penjualan akan terdongkrak naik. Dengan kata lain keberhasilan dari kegiatan penjualan eceran akan berimbas secara langsung pada peningkatan penjualan. Melalui pemasaran eceran tersebut jika produk yang ditawarkan berkenan dihati konsumen, jenis produk yang dipasarkan sesuai dengan tempat atau kondisi lingkungan, harga yang ditetapkan mampu dijangkau oleh konsumen maka penjualan produk yang dimaksud akan dapat meningkat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.