Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

HUBUNGAN KECERDASAN RUHANIAH DENGAN ALTRUISME PADA MAHASISWA

0

HUBUNGAN KECERDASAN RUHANIAH  DENGAN  ALTRUISME  PADA  MAHASISWA

 

   Kecerdasan ruhaniah merupakan sebuah  tanggung jawab yang akan melahirkan sifat iklhas yang berdasarkan cinta  kepada Allah Swt dengan mengharap ridho dari-Nya . Ikhlas sendiri mempunyai arti yang akan terasa lebih aplikatif dan mempunyai tolak ukur yang jelas, sehingga akan mempengaruhi sikap dan tingkah laku seseorang didalam kehidupan sehari-hari dan tindakan seseorang dalam menerima sesuatu sebagai amanah dengan penuh rasa cinta maka akan membuat seseorang itu mempunyai sifat saleh dan takwa.  

Lebih jauh dijelaskan bahwa manusia tidak bisa menjalani kehidupan yang baik atau mencapai sesuatu yang bermanfaat bagi manusia yang lain apa bila  manusia tampa memiliki keyakinan-keyakinan, ideal-ideal dan keimanan, setiap manusia yang tidak memiliki ideal-ideal dan keimanan akan menjadi manusia yang sepenuhnya mementingakan diri sendiri, yang tidak  melihat sesuatu kecuali kepentingan-kepentingan  pribadinya belaka atau akan menjadi individu yang bersifat ragu-ragu, goyah, dan tidak mengetahui tugas-tugasnya didalam kehidupan ataupun nilai-nilai moral dan sosialnya.

Manusia merupakan mahluk sosial penghuni bumi yang tidak dapat hidup sendiri, bukan hanya memiliki dorongan sosial untuk hidup bersama, tetapi memang tidak ada pilihan lain selain harus menjalani dan menjalankan hidup dan kehidupan bersama dalam kebersamaan dimuka bumi yang sama, tampa memiliki alternatf lain. Hidup bersama dalam  kebersamaan berarti setiap manusia memperoleh kesempatan untuk hidup secara manusiawi sesuai fitrahnya dengan harkat dan martabatnya diciptakan olah Allah Swt.

       Agama yang paling sempurna yang turunkan oleh Allah dimuka bumi in adalah Islam, islam menghendaki pemeluknya untuk menyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama secara kaffah ( komprehensif ) dan optimal, termasuk didalamnya sifat  yang sanggat dianjurkan didalam Islam yaitu tolong menolong sesama manusia, menurut Shihab (1996),

 Memiliki prinsip-prinsip dasar yang meliputi akidah, syaria, dan ahlak yang harus mewarnai sikap dan aktivitas pemeluknya. Salah satu nya cermin dari sikap dan aktivitas itu adalah anjuran islam untuk saling tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari.

Bila individu tetap berpegang teguh pada ajaran islam, maka islam akan mengarahkan individu untuk berprilaku sesuai dengan norma agama yang dianutnya, keberagamaan akan mengerakkan individu untuk melaksanakan ajaran agama. Salah satu aspek terpenting dalam ajaran agama adalah perbuatan  baik terhadap sesama.

 Dalam Al- Qur’an  dikatakan bahwa agama (islam) diturunkan agar bisa mensejahterahkan kehidupan manusia, sebagai mana firman Allah SWT

“Alif,laam raa, (ini adalah) kitab yang kami turunkan kepada mu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita. Kepada cahaya yang terang benderang dengan izin tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji” (Qs, Ibrahim:1).

 

Segala sesuatu yang terjadi pada individu senantiasa dikembalikan pada Tuhan. (Subandi, 1995). Pengertian ini membawa individu untuk mampu menerima segala perbedaan dengan individu yang lain, sehingga akan membuahkan sifat toleransi dan tolong-menolong antar sesama dan berkerja sama dalam kebaikan.

 Apa bila seseorang yang berpegang teguh pada ajaran agama atau menjadikan Alqur’an dan Hadits sebagai imam dalam kehidupannya, maka ia akan mengarahkan hidupnya untuk berbuat baik. Menolong antar sesama sebagai salah satu tuntunan hidup bermasyarakat dalam islam, pada diri individu yang pemahaman agamanya yang baik tidak hanya sebatas kebenaran yang diyakini, tetapi secara konsisten tercermin dalam perilakunya, yaitu altruisme.

Dari urian di atas peneliti menyimpulkan bahwa kecerdasan ruhaniah memilki hubungan kuat dengan prilaku menolong seseorang didalam kehidupan sehari-hari dan juga dikehidupan bermasyarakat, dimana sikap suka menolong orang lain dapat ditinggkatkan dengan cara meningkatkan kecerdasan spritual atau kecerdasan ruhaniah karena kecerdasan tersebut memilki kekuatan yang hebat untuk mendorong supaya seseorang untuk berbuat dan beramal saleh serta merasa bertangung jawab terhadap Khaliknya.            

Leave A Reply

Your email address will not be published.