Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Hubungan efikasi diri dengan kecemasan berbicara di muka umum

0

Hubungan efikasi diri dengan kecemasan  berbicara di muka umum

 

Efikasi diri merupakan sumber kekuatan individu dalam mencapai tujuan atau menjalankan tugas-tugas kehidupan.  Bandura (1977) menyebutkan perilaku individu dalam mencapai tujuan dapat diprediksikan melalui tingkat efikasi diri.   Perilaku sebagai ekspresi dari efikasi diri dapat dilihat pada tingkat alokasi energi yang dipergunakan, intensitas waktu, keuletan dan daya tahan menghadapi kesulitan untuk mencapai hasil akhir. Individu dengan tingkat efikasi diri rendah lebih menyukai jenis pekerjaan yang mudah diselesaikan, karena tidak menimbulkan kesulitan dan kecemasan pada dirinya. Sedang individu dengan efikasi diri tinggi lebih memilih pekerjaan  dengan  tingkat  kesulitan  dan  resiko  yang  lebih  tinggi,  karena  merasa memiliki kapasitas dan kemampuan diri.

Pemikiran ini dijelaskan oleh Bandura (1977) melalui teori kognitif sosial yang mengungkapkan individu dengan persepsi yang rendah atas efikasi dirinya memiliki peluang dan potensi mengalami kegelisahan dan kecemasan tinggi. Selain efikasi diri, pengharapan atas hasil yang diperoleh juga memberikan sumbangan pada kecemasan

 

 

 

 

 

Pendapat yang sama juga dikemukakan Litts (1989) bahwa individu dengan efikasi  diri  tinggi  lebih  memiliki  daya  tahan  dalam  menghadapi  kecemasan  dan situasi me negangkan serta dapat mentolerasi rasa sakit. Myers (1996) menyebutkan pula bahwa individu dengan efikasi diri tinggi  tidak mudah mengalami depresi dan kecemasan serta memiliki pola hidup yang terfokus, sehingga dapat hidup lebih sehat dan sukses dalam akademis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.