Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Hubungan antara Status Identitas Ego dengan Peran Jenis

0

Hubungan antara Status Identitas Ego dengan Peran Jenis

 

Scenkel (dalam Marcia,1993) dalam studi awalnya menemukan bahwa sifat feminin menjadi karakteristik yang penting dalam melakukan eksplorasi dari alternatif yang ada dan sifat maskulin menjadi karakteristik untuk mencapai status identitas achievement.

Namun sifat androgini ternyata merupakan peran jenis yang lebih baik dalam rangka mencapai perkembangan psikologis yang sehat. Piaget dan Orlofsky (dalam Marcia,1993) berdasarkan hasil penelitiannya menemukan bahwa   harga diri   yang tinggi dicapai oleh individu-individu yang memiliki peran jenis maskulin dan androgini, sedangkan peran jenis tak tergolongkan rendah dalam harga diri.

Orlofsky (dalam Bursik dan Young,2000) berdasarkan hasil penelitianya menemukan bahwa baik laki-laki dan perempuan yang mampu mencapai skor identitas achievement adalah mereka yang tinggi untuk skor maskulin dan feminin. Penelitian Bursik dan Young (2000) mengenai perkembangan identitas dan kematangan perencanaan hidup dengan membandingkan antara perempuan

 

 

 

 

 

 

 

 

yang terlibat dalam atletik dan tidak terlibat dalam atletik. Perempuan yang aktif terlibat dalam atletik adalah wanita yang memiliki sifat androgini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya wanita yang terlibat dalam atletik yang dapat mencapai identitas achievement dan lebih matang dalam perencanaan hidup dibandingkan wanita yang tidak terlibat dalam atletik.

Marcia dan Schiedel (dalam Marcia,1993) menemukan bahwa sifat maskulin penting untuk perkembangan identitas pada perempuan dan sifat feminin adalah penting bagi perkembangan intimacy untuk laki-laki, namun untuk kedua jenis kelamin dalam meraih identitas adalah sifat androgini. Menurut Marcia (1993) sifat androgini salah satunya adalah fleksibel sehingga menguntungkan individu dalam menjalani proses perkembangan identitasnya. Ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Helmerich dkk (1979) yang     menemukan           bahwa    sifat     androgini   adalah          lebih    fleksibel            jika dibandingkan tiga sifat peran jenis lainnya.

Kesimpulan dari penjelasan di atas bahwa peran jenis yang mendukung remaja tengah dalam menemukan status identitas ego mereka adalah peran jenis androgini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.