Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan berbicara di muka umum

0

Hubungan antara konsep diri  dengan kecemasan  berbicara di muka umum

 

Fits,  dkk.  (dalam  Partosuwido,  1979)  menyatakan  bahwa  individu  yang memiliki  harga  diri  yang  tinggi  akan  mampu  membentuk  konsep  diri                                                   positif. Menurut  Rakhmat  (1985)              konsep  diri  merupakan  dasar  individu  berperilaku, sehingga   perilaku   individu   dapat   diprediksikan   berdasar   konsep   diri                                                                     yang dimilikinya. Individu  dengan  konsep  diri  tinggi  menunjukan  karakter  seperti

 

 

 

 

 

kepercayaan diri tinggi, penerimaan diri baik, optimis, wajar, harga diri tinggi dan memiliki perasaan aman. Kondisi ini mendasari individu  dalam berperilaku seperti, berbicara       di             muka       umum  dilakukan                   secara           wajar      tanpa           disertai   rasa kecemasan.Sebaliknya, individu dengan konsep diri rendah  memiliki perasaan tidak tenang, tidak aman dan perasaan khawatir jika mendapat penilaian negatif dari orang lain, sehingga dalam berperilaku seperti berbicara di muka umum mudah mengalami kecemasan.

Bair (1981) mengungkapkan bahwa individu dengan konsep diri rendah mudah mengalami kecemasan, jika ada kehadiran individu lain di likungannya. Ia merasa tidak aman jika diperhatikan orang lain dan hasil pekerjaannya dinilai negatif. Freimuth (dalam Barker, 1982) mengungkapkan bahwa individu dengan konsep diri rendah memiliki tingkat kecemasan tinggi dalam komunikasi oral.

Berdasar penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa, individu dengan konsep diri rendah mempunyai tingkat kecemasan tinggi dalam berbicara di muka umum. Sebaliknya, individu dengan konsep diri tinggi memiliki tingkat kecemasan rendah dalam berbicara di muka umum.

Leave A Reply

Your email address will not be published.