Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Gerakan Bersaing

0

Gerakan Bersaing

            Gerakan bersaing suatu perusahaan dalam beberapa hal tergantung pada perilaku pesaing-pesaingnya, maka memilih gerakan bersaing yang tepat berarti menemukan gerakan yang memberikan hasil yang menentukan dengan segera (tidak terjadi perang yang serius atau berlarut-larut) dan juga yang condong sedapat mungkin kearah kepentingan perusahaan yang bersangkutan sendiri. Artinya, tujuan perusahaan adalah menghindarkan ketidakstabilan dan perang yang mahal, yang akan memberikan akibat buruk bagi semua peserta persaingan, tetapi masih menguntungkan perusahaan-perusahaan tertentu.

            Gerakan bersaing juga merupakan permainan siasat. Permainan dapat diselenggarakan dan gerakan dapat dipilih serta dilaksanakan dengan cara-cara tertentu sehingga memaksimalkan hasilnya tanpa memandang apa sumber daya yang tersedia bagi perusahaan.

            Ada tiga macam gerakan bersaing yang dikemukakan oleh Porter (1992:82-88), yaitu :

    Gerakan komperatif atau tidak mengancam

Gerakan-gerakan yang tidak mengancam tujuan pesaing merupakan tempat untuk memulai dalam mencari cara memperbaiki posisi. Gerakan ini dapat dikelompokkan dalam tiga macam :

–          Gerakan yang memperbaiki posisi perusahaan dan memperbaiki posisi   pesaing meskipun jika pesaing tidak melakukan perlawanan.

–          Gerakan yang memperbaiki posisi perusahaan dan memperbaiki posisi pesaing jika hanya ada gerakan tertentu yang sesuai dengan mereka.

–          Gerakan yang akan memperbaiki posisi perusahan karena pesaing tidak akan menandinginya.

    Gerakan yang mengancam

Banyak gerakan yang akan sangat memperbaiki posisi suatu perusahaan memang mengancam para pesaing. Dengan demikian kunci keberhasilan gerakan seperti itu adalah memperkirakan dan mempengaruhi perlawanan.

    Gerakan defensif

Gerakan defensif dapat dicapai dengan memaksa pesaing untuk mengundurkan diri setelah bertempur, tetapi pertahanan yang paling efektif adalah mencegah terjadinya pertempuran sama sekali. Untuk mencegah suatu gerakan, pesaing perlu memperkirakan tindakan pembalasan dengan tingkat kepastian yang tinggi dan percaya bahwa tindakan perlawanan akan efektif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.