Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Gaya Pengambilan Keputusan Rasional

0

Gaya Pengambilan Keputusan Rasional

 

Harren, dkk. (1978) menyatakan bahwa gaya pengambilan keputusan rasional ini bercirikan adanya kepastian atau mengejar hal-hal yang eksak dan masuk akal,  kemampuan yang tinggi dalam perencanaan, kepercayaan diri yang tinggi, cenderung menyelesaikan tugas dengan kontrol tinggi. Berdasarkan hal ini diketahui bahwa individu dengan gaya pengambilan keputusan rasional cenderung berusaha            untuk                   merumuskan                   pengambilan     keputusan     dengan     banyak menitikberatkan pada penalaran rasional. Hal-hal yang tidak masuk akal dan berkaitan dengan emosi, perasaan maupun fantasi tidak begitu dihiraukan, akan tetapi hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan yang matang, perhitungan yang cermat, prediksi yang masuk akal dan pemikiran yang rasional tampak menonjol dalam individu dengan gaya pengambilan keputusan rasional ini. Mereka adalah tergolong orang yang tidak mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan Individu dengan gaya pengambilan keputusan rasional ini dapat menekan dan mengesampingkan hal-hal yang bersifat emosional dalam proses pengambilan keputusan (Phillips, dkk., 1984).

Bruce   dan   Scott   (1999)   menyatakan   bahwa   proses   pengambilan keputusan berkaitan dengan masalah pengumpulan dan evaluasi informasi. Keen dalam disertasinya (dalam Bruce dan Scott, 1999), menunjukan bahwa pengumpul informasi  yang  sistematis,  terarah  lebih  memungkinkan  menjadi  evaluator informasi yang rasional, sementara itu pengumpul informasi yang lebih banyak

 

 

 

 

 

 

melibatkan perasaan atau hal-hal yang bersifat emosional lebih memungkinkan menjadi        evaluator                informasi   intuitif.       Sekali      lagi        diketahui             bahwa    gaya pengambilan keputusan rasional menitikberatkan pada penalaran yang sistematis, terarah dan masuk akal. Robbins (1996) menyatakan secara sosial gaya pengambilan keputusan yang rasional ini lebih banyak diterima dibanding yang lainnya, apalagi di masyarakat maju yang lebih banyak menaruh perhatian pada hal-hal yang rasional.

Mengacu pada uraian tersebut, penulis berkesimpulan seorang yang memiliki gaya pengambilan keputusan rasional cenderung mengarahkan dirinya pada hal-hal yang masuk akal dan menekan hal yang bersumber pada aspek emosional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.