Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Fungsi Komunikasi

0

A.   Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri, aktualisasi diri, kelangsungan hidup, memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan keseganan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama[1].

Kegunaan komunikasi adalah bagaimana caranya agar suatu pesan yang disampaikan komunikator itu menimbulkan dampak atau efek tertentu pada komunikan. Dampak yang ditimbulkan dapat diklasifikasikan menurut kadarnya, yakni:

  1. “Dampak kognitif

dampak yang timbul pada komunikan yang menyebabkan dia menjadi tahu atau meningkatkan intelektualitasnya. Dengan kata lain tujuan komunikator adalah mengubah pikiran komunikan.

  1. Dampak afektif

tujuan komunikator bukan hanya sekedar menubah pikiran  komunikan tetapi juga tergerak hatinya; menimbulkan perasaan tertentu seperti iba, terharu, gembira, marah, dan lain sebagainya.

  1. Dampak behavioral

yakni dampak yang timbul pada komunikan dalam bentuk prilaku, tindakan, atau kegiatan.”[2]



[1]    Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rosdakarya, 2004, hal.5

[2]    Onong Uchjana Effendy, Dinamika Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1993, hal. 6

Leave A Reply

Your email address will not be published.