Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri

0

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri

 

Berdasarkan  uraian  tentang  konsep  diri  yang  telah  dikemukakan,  maka peneliti berpendapat bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi konsep diri, terutama yang berkait dengan penelitian ini.

a. Usia

 

Remaja tengah yang berstatus siswa seminari adalah usia yang mengalami konsep diri yang sedang berkembang. Hal ini senada dengan yang dikemukakan Thompson (dalam Partosuwido, 1992) dimana nilai konsep diri berkembang sesuai dengan semakin bertambahnya tingkat usia.

b. Tingkat Pendidikan

 

Tingkat pendidikan sangat berhubungan dengan pengetahuan yang dimiliki seseorang. Epstein (1973) berpendapat bahwa konsep diri adalah self theory, yaitu suatu teori yang berkaitan dengan diri yang tersusun atas dasar pengalaman diri, fungsi, dan kemampuan diri sepanjang hidupnya.

c. Kepemimpinan

 

Ekowarni (1993) menjelaskan bahwa remaja membutuhkan lingkungan eksternal yang kondusif dalam pembentukan konsep dirinya. Lingkungan eksternal ini         berguna    untuk        menjadi   tempat seorang        remaja      mencari                 jawaban dari keingintahuanya. Lingkungan itu dapat berarti komunitas sosialnya, orang tua, pimpinanya  atau  sosok  dewasa  lainya.  Lingkungan  ini  akan  sangat  menentukan konsep  diri  yang  terbentuk  didalam diri seorang remaja. Lingkungan yang sehat sangat mungkin membentuk konsep diri positif bagi remaja namun hal ini dapat saja

 

 

 

 

 

 

 

terjadi  sebaliknya,  seperti  yang  dikemukakan  oleh  Brooks  dan  Emmert  (dalam

 

Rakhmat,1996).

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.