Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Efikasi Diri

0

Efikasi Diri

 

Bandura (1977) menyatakan bahwa efikasi diri merupakan salah satu faktor untuk mereduksi kecemasan. Efikasi diri dan pengharapan akan hasil merupakan dua faktor yang berpengaruh dalam meredakan kecemasan. Efikasi diri adalah perkiraan

 

 

 

 

 

individu terhadap kemampuan diri sendiri dalam mengatasi kesulitan, sedangkan pengharapan akan hasil adalah perkiraan individu terhadap kemungkinan munculnya akibat-akibat tertentu yang mungkin berpengaruh untuk menurunkan kecemasan. Bandura juga menegaskan bahwa efikasi diri dan pengharapan akan hasil sepenuhnya merupakan penilaian sadar yang dibuat individu, dan kecemasan dianggap sebagai akibat kedua dari kondisi tersebut. Seydel, Taal, dan Wiegman (dalam Smith, 1994) menyatakan bahwa efikasi diri dapat membantu pengaturan denyut jantung, tekanan darah dan tingkat catecholamine dengan cara mengatur situasi.

Selain efikasi diri, konsep diri juga menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan kecemasan. Hasil penelitian Mitchell (dalam Burns, 1979) menunjukan bahwa individu yang memiliki konsep diri yang tinggi semakin rendah tingkat kecemasannya.  Hasil  yang  lain  menunjukan  bahwa  konsep  diri  merupakan  faktor yang dianggap mampu mengurangi kecemasan berbicara di muka umum.

Leave A Reply

Your email address will not be published.