Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Dimensi konsep diri

0

Dimensi konsep diri

 

Fitts  (dalam  Tjipsastra,  1996)  mengklasifikasikan  konsep  diri     menjadi  dua kategori yaitu internal dan eksternal.

a.   Kategori internal memiliki 3 unsur yakni:

 

1)  Diri  identitas

 

Diri identitas merupakan konsep dasar dalam konsep diri   yang membentuk siapa saya dan simbol   yang dipilih untuk menjelaskan identitas dirinya. Dengan semakin bertambahnya pangalaman akan semakin banyak simbol yang dipergunakan untuk menjelaskan identitas diri. Setiap unsur identitas akan membentuk pola persepsi dan penafsiran terhadap fenomena lingkungan. Unsur identitas semakin diperkaya sejalan dengan peningkatan kemampuan dan perluasan interaksi dengan likungan.  Para ahli teori   diri (self theorist) menyebutkan   pengaruh diri identitas sebagai subyek pada perilaku individu.

2)  Diri pelaku

 

Diri pelaku berkaitan dengan perilaku individu berdasar stimulus internal maupun eksternal.  Berdasar  diri  pelaku  akan  menentukan                                              kesinambungan     perilaku  dan mempengaruhi perilaku untuk dimasukan  pada abstraksi, simbolisasi, atau disatukan dengan diri identitas.

3)  Diri penilai

 

Diri  penilai  merupakan  hasil  interaksi  diri  identitas  dengan     diri  pelaku  yang kemudian disatukan pada konsep diri. Individu memiliki kemampuan untuk mengamati,   menyadari dan   menilai penampilan perilakunya. Diri penilai bertugas

 

 

 

 

 

sebagai  pengamat,  penetap  norma,  pengkhayal,  dan  pembanding.  Diri  penilai bertugas pula untuk menghubungkan diri identitas dan diri pelaku.

b.   Kategori eksternal memiliki  5  unsur, yakni :

 

1)  Diri fisik

 

Diri  fisik  mencerminkan      diri  individu  melihat  keadaan  fisik,  kesehatan, kegagahan dan seksualitas.

2)  Diri moral-etik

 

Diri  moral-etik  mengacu  pada  nilai- nilai  moral,  etika  dan  spiritual  dalam mengevaluasi perilaku keagamaan, kebaikan dan kejahatan.

3)  Diri personal

 

 

Diri personal mencerminkan pemahaman  diri individu tentang nilai- nilai pribadi yang  menggambarkan  identitas  diri.  Penafsiran  diri  personal  tidak  berkaitan dengan penilaian terhadap fisik diri dan relasi dengan lingkungan.

 

4)  Diri keluarga

 

Diri keluarga merupakan persepsi diri    dalam lingkungan keluarga dan teman dekat.           Diri  keluarga  merupakan  dasar  dalam  memahami  dan  menilai  d iri individu sebagai anggota keluarga dan bagian dari teman dekat.

5)  Diri sosial

 

Diri  sosial     merupakan  persepsi  diri     dalam  berinteraksi  dengan  lingkungan sosial.

 

 

 

 

 

Kelima unsur kategori eksternal dari konsep diri yang akan menjadi obyek pengukuran dalam penelitian ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.