Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Definisi Kepemimpinan

0

 Definisi Kepemimpinan

 

Para ahli pada umumnya mendefinisikan kepemimpinan dimulai dari hal yang paling menarik perhatian mereka (Yukl, 1989).  Fiedler dalam Meindl, dkk  (1985) mendefinisikan kepemimpinan sebagai sebuah pola hubungan antar individu yang menggunakan wewenang dan pengaruh terhadap orang lain atau sekelompok orang agar terbentuk suatu kerja sama untuk menyelesaikan tugas.

Peran yang dijalankan pemimpin akan memberikan pengaruh berjangka panjang (long lasting influence). Di sini kata influence terasa lebih tepat dipakai bukan power. Pengaruh seorang pemimpin, sekalipun ia sudah tak lagi memegang kendali kekuasaan akan tetap dirasakan bila ia menjalankan kepemimpinannya yang bagus.

Senada   dengan    Fiedler,    Burn    (1978)    juga    menggarisbawahi    bahwa kepemimpinan                                    merupakan     proses    seorang    pemimpin     yang    terus    menerus membangkitkan motivasi anggota atau pengikut dan membentuk perilaku mereka. Kepemimpinan menyangkut proses pengaruh sosial dan pengaruh itu sengaja dilakukan oleh seorang terhadap yang lain untuk menstruktur aktivitas-aktivitas dan relasi-relasi di dalam sebuah organisasi atau komunitas. Perbedaan mengenai definisi- definisi tersebut terletak pada siapa yang menggunakan pengaruh, cara penggunaan pengaruh, sasaran yang ingin dicapai dari pengaruh tersebut dan hasil dari usaha menggunakan pengaruh tersebut.

Definisi tentang kepemimpian yang masih termasuk baru yaitu definisi yang dikemukakan  oleh  Robins  (1998).  Robins  mendefinisikan  kepemimpinan  sebagai

 

 

 

 

 

 

 

kemampuan untuk mempengaruhi  orang lain atau satu kelompok ke arah tercapainya tujuan tertentu. Pemimpin memiliki posisi yang strategis dalam suatu kelompok atau komunitas.  Jalannya  roda  suatu  organisasi  atau  kelompok  yang  terkait  dalam hubungan yang terjalin antara seorang pemimpin dengan anggota. Sebagaimana yang dikemukakan Vugt dan Cremer ( 1999 ) bahwa kemampuan seorang pemimpin dalam membaca       situasi     dengan         tepat             dan                   memahami    implikasinya    terhadap                   pola kepemimpinan tertentu menjadi penting. Efektivitas kepemimpinan seseorang juga ditentukan oleh kemampuan seseorang memahami sifat dan kondisi yang dihadapi, baik   kondisi   internal   komunitas   maupun   kondisi   eksternal   komunitas,   yang berdampak pada jalannya roda kelompok atau komunitas.

Definisi-definisi yang dikemukan para ahli nampak sangat beragam, namun demikian beberapa hal yang dapat kita simpulkan dari paparan tersebut yakni terdapatnya variabel-variabel yang umum seperti; 1) Posisi sebagai pusat; 2) peranannya sebagai pemberi arah ; 3) adanya tujuan atau sasaran yang ingin dicapai;

4) adanya aktivitas; 5) adanya interaksi dan komunikasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.