Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Bagaimana E-mail Terkirim ?

0

Bagaimana E-mail Terkirim ?

Disini akan dicontohkan bagaimana proses pengiriman email. Kita akan mengirimkan sebuah alamat dan nanti akan kita lihat hubungan SMTPnya. Pada contoh dibawah ini kita akan menganalisa apa yang dikirimkan dan diterima sebuah MTA melalui SMTP. Baris yang diawali dengan >>> adalah perintah yang dikirimkan oleh client SMTP, dan baris yang dimulai dengan kode balasan 3 digit adalah dari server SMTP.:

Contohà

Untuk mengirimkan sebuah email, hanya ada lima perintah yang digunakan, yaitu: HELO, MAIL,RCPT,DATA, dan QUIT. SMTP ini sangat sederhana prinsip kerjanya. Komunikasi antara server dan client terdiri dari teks-teks   yang mudah dibaca. Mula-mula client menggunakan hubungan TCP ke port 25, dan menunggu kode jawaban 220

dari server yang merupakan ucapan selamat datang ke server tersebut. Jawaban dari server ini harus dimulai dengan FQDN (fully quanlified domain name ) dari server, misal ai3.itb.ac.id. Selanjutnya clien memperkenalkan diri dengan perintah EHLO atau jika server masih versi lama maka cara memperkenalkan diri dengan perintah HELO. Perintah HELO adalah perintah primitif  yang ada pada SMTP versi awal. Argumen dibelakang perintah tersebut adalah FQDN dari client, misalkan students.ee.itb.ac.id.

Server merespon dengan memberikan identitas dirinya kepada client. Jika komunikasi sudah terbentuk, client dapat mengirimkan lebih dari satu pesan,mengakhiri hubungan, atau meminta server untuk mengirimkan aturan bagi pengirim dan penerima, sehingga pesan dapat mengalir dengan arah yang sebaliknya.

Transaksi email dimulai dengan perintah MAIL, yang menjelaskan siapa pengirim pesan ini. Server selanjutnya mempersiapkan struktur datanya agar dapat menerima pesan baru, dan membalas perintah MAIL dengan kode 250, atau lengkapnya 250 ok. Perintah selanjutnya adalah RCPT dimana perintah ini menjelaskan siapa pemerimanya. Jika penerimanya ada banyak, maka akan ada beberapa perintah RCPT dapat dikeluarkan. Jika sudah server juga harus membalas ke client bagi setiap perintah RCPT dengan mengirimkan respon 250 OK, atau jika ada kesalahan akan dibalas dengan respon 550 No such user here.

Isi pesan dikirim oleh client dengan perintah DATA yang diakhiri dengan mengirimkan satu baris data yang hanya berisi satu  titik. Server merespon dengan mengirimkan pesan 354 start mail input dan menentukan urutan karakter tertentu yang dijadikan sebagai tanda akhir pesan email.

QUIT dikirim terakhir untuk mengakhiri transaksi pengiriman pesan mail. Server merespon dengan mengirimkan pesan 221, yang berarti setuju untuk menghentikan transaksi. Kedua pihak akhirnya menutup hubungan TCP.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.