APAKAH SASARAN BELAJAR ITU?

APAKAH SASARAN BELAJAR ITU?

sarana belajar anak anak.jpgSasaran belajar meliputi 3 ranah yaitu kognitif, psikomotor dan afektif. Kognitif (hafalan, pemahaman) mungkin dapat dicapai dalam waktu singkat. Siswa belajar semalam suntuk untuk mengikuti tes dapat memperoleh nilai yang tinggi. Namun perolehan belajar dalam aspek kognitif demikian tidak bertahan lama. Siswa akan mudah melupakannya.

Psikomotor atau keterampilan tidak dapat dicapai dalam waktu singkat. Keterampilan memerlukan waktu. Semakin banyak jam terbang seseorang, keterampilannya semakin baik dan orang tersebut menjadi lebih profesional. Keterampilan siswa yang perlu dilatihkan adalah menggambar, membuat tabel, grafik, menggunakan alat, merancang kegiatan, menyusun masalah, hipotesis, melakukan eksperimen, mentabulasi data, menganalisis data, hingga ke terampil membuat laporan dan mengkomunikasikannya (ini semua merupakan tuntutan dalam kurikulum/KTSP).

sarana belajar anak.jpgAfektif atau sikap merupana suatu pendapat sebelum bertindak, setuju tidaknya siswa terhadap suatu fenomena, atau aturan, menjunjung tinggi kedisiplinan, tenggang rasa, mau menerima saran, bersikap objektif, menjaga kebersihan, dsb. Sikap tidak dapat dibentuk seketika. Proses pembentukan sikap memerlukan waktu, karena diperlukan adanya internalisasi dan proses psikologis seseorang. Orang yang paham dan terampil seringkali dibarengi dengan pembentukan dan perubahan sikap yang positif.

 

Sebagai contoh:

Setiap siswa akan dapat mendefinisikan apa itu disiplin (kognitif). Dia mungkin dapat bertindak disiplin misal diajak tepat waktu untuk mengikuti rapat (psikomotor).  Tetapi apakah dia selalu bersikap disiplin dalam setiap tingkah lakunya? Jelaslah bahwa mengubah sikap memerlukan waktu, kemampuan dan kemauan seseorang. Pembiasaan, latihan berulangkali, penguatan (reinforcement) sangat diperlukan. Apakah penerapan hukum (mernjatuhkan sangsi) diperlukan di sekolah agar sikap dapat ditanamkan?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *