ANGIN SEGAR BAGI CALON MAHASISWA YANG MEMILIH JURUSAN BAHASA ARAB

ANGIN SEGAR BAGI CALON MAHASISWA YANG MEMILIH JURUSAN BAHASA ARAB

Memilih jurusan Bahasa Arab bagi para calon mahasiswa atau para siswa yang akan melanjutkan studi kuliah tidak lah dipandang sebelah mata lagi. Saat ini para alumnus mahasiswa bahasa Arab lebih mudah mengamalkan ilmunya  dalam artian mencari pekerjaan dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan pengalaman, tahun 90an atau di awal tahun 2000an memutuskan memilih jurusan bahasa Arab harus berfikir seribu kali. Karena anggapan, prasangka bahkan celaan orang-orang di sekitar menganggap bahwa memilih jurusan bahasa Arab nanti ujung-ujungnya hanya akan menjadi guru ngaji yang notabene gajinya sangat kecil dibandingkan dengan profesi lain yang mengambil jurusan selain bahasa Arab.

Hal itu tidak berlaku untuk saat ini. Banyak sekali lowongan yang membutuhkan para alumni jurusan bahasa Arab. Apalagi jika lulusan di jenjang minimal S-2 bahasa Arab. Hampir setiap tahun baik PTN maupun PTS, STAIN, IAIN dan Universitas-universitas Islam membutuhkan dosen bahasa Arab tetap ataupun kontrak.  Salah satu contoh UIN Maulana Malik Ibrahim di Malang Jawa Timur, hampir setiap tahun merekrut dosen PKPBA (Program Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab) yang cukup banyak. Karena seluruh mahasiswa semester awal dari seluruh jurusan wajib mengikuti PKPBA yang dimulai pada jam 2 hingga malam hari. Bahkan kegiatan ini semakin diikuti oleh perguruan tinggi Islam lainnya seperti STAIN di kota-kota lainnya, karena mengingat bahasa Arab sangat penting dan perlu untuk dijadikan pembejaran ekstra yang wajib diimplementasikan.

Jadi apa yang diasumsikan oleh kebanyakan orang-orang dahulu telah berubah menjadi angin segar bagi calon mahasiswa yang akan memilih jurusan bahasa Arab. Yang paling penting adalah niatkan mencari ilmu karena Allah, maka Allah akan memudahkan segala urusan kita.

Buku Bahasa Arab untuk SMA – SMK

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *