Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Androgini

0

Androgini

 

Heilbrun (dalam Richmond,1992) menyatakan bahwa istilah androgini adalah diambil dari kata Yunani, yaitu andro yang berarti laki-laki dan gyn yang

 

 

 

 

 

 

 

 

berarti perempuan. Ini berarti bahwa androgini merupakan peran jenis yang memiliki skor yang tinggi baik sifat feminin maupun maskulin dan peran jenis androgini ini terdapat pada kedua jenis kelamin yaitu, perempuan dan laki-laki.

Peran jenis androgini berbeda dari ketiga peran jenis lainnya, lebih fleksibel sehingga mendukung remaja dalam mencapai perkembangan identitas ego. Helmreich (1979) dalam hasil penelitiannya mengemukakan bahwa peran jenis androgini untuk kedua jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) memiliki perilaku yang menyenangkan dan fleksibel dibandingkan ketiga peran jenis lainnya.

Kaplan dan Sedney (dalam Nainggolan, 2002) menyatakan ada beberapa faktor yang harus ada pada sifat androgini, yaitu:

a.  Mempunyai wawasan pandangan yang luas sehingga mampu bereaksi secara tepat dalam situasi apapun.

b. Mampu bersikap fleksibel seperti apa yang diharapkan oleh masyarakat, yaitu kapan bersikap feminin dan kapan harus bersikap maskulin.

c.  Mampu  bersikap  hangat  dan  diterima  baik  oleh  orang  lain  dan  dengan bersikap androgini, seseorang punya dorongan untuk dapat mencapai keberhasilan.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan di atas bahwa peran jenis androgini adalah peran jenis yang mendukung remaja dalam mencapai identitas ego mereka.

Leave A Reply

Your email address will not be published.